welcome to our sites! hope you enjoy it. salam mitreka ! !

Selasa, 11 September 2012

MODEM GSM VS MODEM CDMA





Modem GSM

Teknolgi yang digunakan adalah 3G/UMTS/HSDPA. Modem GSM menawarkan kecepatan dari 3.6 Mbps sampai 7.2 Mbps. Kecepatan tergantung pada kualitas sinyal, bila kita berada di daerah perkotaan maka kita bisa memperoleh kecepatan yang maksimum. Keuntungan modem GSM providernya bisa diganti sesuai keinginan kita, jadi kita lebih fleksibel dalam memilih provider. Serta sinyal GSM mudah dibawa kemana-mana, misalnya keluar daerah. Untuk daerah terpencil GSM lebih menjangkau daripada CDMA yang terkadang tidak ada sinyal. Untuk harga Modem GSM lebi murah daripada Modem CDMA. Tetapi banyak yang mengeluhkan lebih mahalnya harga layanan internet dari pada provider CDMA yang menawarkan paket lebih murah. Untuk kesetabilan dalam berkoneksi internet, keduanya hamper sama, hanya saja kecepatan internet akan menurun pada jam-jam sibuk  yaitu jam 12.00 sampai 10.00 malam.

Modem CDMA

CDMA menggunakan teknologi WCDMA(Wideband CDMA). Seperti teknologi CDMA biasanya, teknologi ini menggunakan spectrum pita lebar untuk transmisi data dan memanfaatkan kode sebagai pembeda masing-masing link komunikasi. komunikasi jenis ini memerlukan energi yang besar dan karenanya divais lebih cepat panas akibat konsumsi energi yang tinggi. Perangkat sudah dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang ditimbulkan tidak akan merusak perangkat. Namun ada baiknya Anda membatasi penggunaan modem/datacard sesuai petunjuk penggunaannya (hanya untuk penggunaan di rumah atau kantor).
Untuk harga Modem CDMA sendiri memang lebih maha sedikit daripada Modem GSM. Tetapi harga layanan yang diberikan oleh provider leih murah. Missal provider SMART menawarkan paket hanya dengan Rp 45.000,- kita bias beinternetan ria unlimited selama satu bulan. Kekurangan modem CDMA terletak pada jangkauan area. CDMA hanya terdapat di daerah kota-kota besat saja, sedangkan GSM sudah bisa menjangkau ke pelosok-pelosok daerah. Dan untuk kesetabilan koneksi internet, sama seperti GSM kecepatan akan berkurang pada jam-jam sibuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.sapisantai.blogspot.com